Mengenal Tradisi Ritual Adak Pua Kopi Colol Manggarai Timur

Desa Colol terletak di Lembah Colol, perkebunan kopi pertama di Manggarai yang dicanangkan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1920-an. Colol berada di ketinggian 1200-1600 mdpl. Dari sinilah kemudian tanaman kopi menyebar ke seluruh Manggarai Flores. Ada enam desa penghasil kopi di lembah tersebut.

Masyarakat manggarai timur tepatnya di daerah  colol menjadi salah satu penghasil kopi robusta terbaik dunia. Menjadi pilihan terbaik tentunya adalah suatu kebanggan bagi masyarakat daerah Colol Manggarai Timur.

Petani Kopi Colol Manggarai Timur merupakan  bagian yang tak terpisahkan dari budaya, bahkan kopi bukan sekedar aktivitas fakultatif masyarakat Colol, tetapi merupakan bagian urat nadi kehidupannya. Hampir seluruh hidupnya petani Colol bargantung pada hasil pertanian “kopi”. Kopi bagi masyarakat Colol  sebagai warisan leluhur yang perlu dilestarikan. Oleh karena  itu, kopi bukan hanya  sekedar sarana, dan simbol budaya, tetapi juga merupakan budaya itu sendiri.

Ada satu tradisi unik yang selalu dilakukan oleh Masyarakat Colol untuk mempertahankan budaya yang sudah dilakukan secara turun temurun dengan tujuan sebagai ucapan syukur dan tanda terimakasih kepada roh leluhur yang sudah menanam dan mewariskan kebun kopi juga kepada sang pencipta yang senantiasa menjaga kebun sehingga bisa dipanen. Tradisi ini berupa Ritual yang dinamakan Ritual Adak Pua Kopi.

Dalam ritual ini dilengkapi dengan ayam yang akan disembelih, sirih pinang dan rokok diwadahkan dalam piring makan, serta buah kopi diwadahi piring tembaga, ditemani Api unggun yang disiapkan dan dikelilingi oleh anggota keluarga. Ritual ini juga sebagai metode yang dipercayai Masyarakat dan para petani untuk memprediksi hasil panen kopi pada waktu panen.

Colol menghasilkan kopi jenis arabika dan Robusta.
Robusta Manggarai sangat terkenal dengan aroma dan rasanya. Cita rasa unik dan khas yang dihasilkan menjadi daya Tarik tersendiri bagi para penikmat kopi. Budidaya petani colol yang berpegang teguh dengan system organic tanpa diberi pupuk pestisida. Kopi Colol  memiliki cita rasa yang halus (smooth), clean dan punya rasa manis yang unik.

Kamu dapat merasakan kopi Robusta colol yang menjadi one of the best Asian robusta di Sombra Coffee. Dengan dua jenis kemasan 250 gr dan 1 kg, kamu dapat menikmati kopi robusta yang memiliki cita rasa dan keunikannya tersendiri..