Dari Lokal menuju Dunia

Hi sombra people! Tahun 2023 kemaren merupakan tahun yang menggembirakan bagi sombra coffee. Pada  tahun 2023 Sombra Coffee berkesempatan mengikuti 2 event internasional sekaligus.

Event pertama yang diikuti adalah Expo Internasional Indonesia di Mexico tanggal 03-06 Agustus 2023.  Event ini diselenggarakan oleh Kedutaan besar Indonesia di Mexico bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Pameran ini berupa pameran dagang, pariwisata, investasi dan budaya yang bertajuk Expo Indonesia en Mexico (EIM) uniknya pameran ini untuk pertama kalinya diselenggarakan di Mexico. Kegiatan ini diadakan di Gedung world trade center di Mexico untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Mexico. Sombra Coffee berkesempatan menjadi salah satu perwakilan dari Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti pameran tersebut. Tim NTT membawa beberapa potensi karya dan budaya mulai dari tenunan, aksesoris local, makanan khas NTT berupa abon ikan tuna, juga teh dan kopi.

Selama 4 hari pelaksanaan pameran ini, EIM sukses menarik perhatian lebih dari 5.000. exibitor baik dari Pemerintah Pusat seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta dari Pemerintah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua Barat, serta perusahaan swasta. Terdapat juga beberapa business matching sebagai bentuk kerja sama yang akan berkelanjutan antara Indonesia dan Mexico. Total peserta yang berpartisipasi dalam pameran EIM ini adalah 51 partisipator yang bukan hanya berasal dari Indonesia juga dari Mexico.

Menariknya Mexico merupakan salah satu negara dengan penghasil kopi terbaik, namun uniknya Masyarakat Mexico yang mencoba produk sombra merasa tertarik dengan rasa kopi yang unik dari Flores Bajawa. Kegiatan EIM juga dimeriahkan oleh pertunjukan seni budaya Indonesia oleh seniman Indonesia, diaspora Amerika, dan warga Meksiko yang belajar seni budaya Indonesia melalui program beasiswa pemerintah Indonesia.. Dari sisi pemerintah daerah, Wagub NTT yang membawa lebih dari 25 pengusaha dan kelompok seni budaya ini juga menilai keikutsertaan NTT dalam EIM merupakan peluang bagus untuk meningkatkan potensi kerja sama dan memperkenalkan kekayaan Indonesia kepada masyarakat Meksiko.

Selain itu sombra coffee juga berpartisipasi dalam event internasional lainnya yaitu Asian African Legal Consultative Organization (AALCO)  yang berlangsung pada tanggal 15-20 Oktober 2023 di Bali. Dikutip  dari laman resminya organisasi hukum asia-afrika atau AALCO awalnya dikenal sebagai komite konsultatif hukum Asia. Forum AALCO adalah pertemuan sesi tahunan negara-negara anggota AALCO. Forum ini bertujuan untuk menyatukan dan memperjuangkan berbagai kepentingan dari negara-negara Asia Afrika khususnya di bidang hukum.

Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah diselenggarakannya forum AALCO ke 61 tepatnya di Bali pada tanggal 15 – 20 oktober 2023 dan dihadiri sebanyak 91 negara. Sombra Coffee menjadi salah satu penyedia kopi bagi para pengunjung  dan para perwakilan negara yang mengikuti kegiatan tersebut.. Kualitas Kopi sombra tidak diragukan lagi sebagai kopi asli NTT yang menyuguhkan kualitas dan rasa kopi yang menjadi representative kopi Nusa Tenggara Timur dan Kopi Indonesia.