Apasih perbedaan Kopi Arabica dan Kopi Robusta

Kopi Arabika 


Jenis Kopi Arabika umumnya tumbuh pada ketinggian sekitar 1.200  – 7.000 kaki di atas permukaan laut.  Jenis kopi Arabica membutuhkan curah hujan 1.500- 2.500 mm per tahun. Tanaman ini sebenarnya masih bisa tumbuh pada dataran rendah, namun pertumbuhannya tidak akan optimal sehingga dapat mempengaruhi hasil panen. Arabika adalah jenis kopi yang tidak mudah untuk dirawat karena cukup rentan terhadap hama dan penyakit.

Kopi Arabika memiliki kadar kafein 2 kali lebih rendah daripada robusta., tingkat keasaman dari biji kopi arabika juga lebih tinggi daripada kopi robusta selain itu kadar gula dari kopi arabika juga lebih tinggi dari kopi robusta. Ciri khas kopi arabika selain seperti yang disebutkan di atas, hasil seduhan dari kopi arabika juga menghasilkan warna yang tidak terlalu pekat, cita rasa yang dihasilkan dari kopi arabika menyerupai caramel, gula merah dan juga citrus fruit. Oleh karena keunikannya maka jenis kopi ini lebih sering dikembangkan sehingga muncul beberapa varietas baru.

Kopi Robusta  

Berbeda dengan Arabika, kopi robusta umumnya tumbuh pada dataran yang lebih rendah dengan suhu yang lebih tinggi. Jenis kopi ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0- 1.200  dengan curah hujan 1.500 – 3.000 mm per tahun. Biji kopi robusta adalah jenis kopi yang cukup mudah ditanam dan dirawat. Apa yang membuat kopi robusta lebih tahan terhadap hama dan penyakit terletak pada kandungan kafein yang tinggi yang berfungsi sebagai pestisida alami untuk melindungi diri. Hal ini juga menjadi salah satu alasan utama mengapa harga robusta lebih murah daripada kopi Arabika.

Dari penjelasan di atas.. dapat disimpulkan bahwa dua kopi ini memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing. Kopi robusta lebih cocok untuk dicampur dengan susu. Contoh minuman yang cocok menggunakan kopi robusta seperti latte, cappuccino, dan olahan kopi susu lainnya. Sementara kopi arabika lebih sering dinikmati dengan Teknik manual brew seperti v60, tubruk, French press dan lain sebagainya..

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Sombra Coffee menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia, Arabika Flores , dan Robusta Natural Manggarai. Kemasan mulai 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silakan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 082340550717 atau melalui E-commerce kami.