Mengenal Ciri Khas Kopi Arabica Bajawa Flores

Tak kalah dengan keindahan serta keragaman budayanya biji kopi Arabica  Bajawa Flores menjadi daya tarik tersendiri. Dikutip dari beberapa artikel lain Sejarah kopi Arabika Bajawa Flores dibawa oleh biarawan dari Eropa. Hal ini juga didukung dengan letak geografis di kabupaten Ngada yang diapit dua gunung api yaitu Gunung Api Ebulobo dan Gunung Api Inerie membuat lokasi ini sangat strategis untuk budidaya biji kopi.  Perkebunan kopi di dataran tinggi Flores bajawa mencapai 1000 - 1.500 mdpl.  Hal ini menjadi unik karena semakin tinggi perkebunan kopi tersebut maka akan semakin baik pula kualitas kopi yang dihasilkan.

Oleh karena keunikannya, Biji Kopi Arabica Bajawa Flores memiliki karakteristik yang khas antara lain :

1.      Aroma dan cita rasa

Biji Kopi Flores Bajawa memiliki aroma dan cita rasa yang khas dan kuat. Karena tanah tempat biji kopi tumbuh berpadu dengan abu vulkanik, maka menghasilkan cita rasa yang dominan. Aroma kopi Arabica Flores Bajawa cenderung fruity, floral , nutty dan caramel.

2.      Tingkat keasaman

Kopi Flores Bajawa memiliki tingkat keasaman yang medium dan seimbang. Membuatnya masuk dalam kategori kopi specialty.

3.      Body

Tingkat kekentalan dari kopi Arabica Bajawa Flores juga bervariasi mulai dari ringan hingga berat.

Kopi Arabica Bajawa Flores sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang gemar minum kopi dengan aroma yang kompleks dan cita rasa yang seimbang (balance).  Cara terbaik menyeduh kopi arabica bajawa bisa menggunakan metode manual brewing seperti tubruk,, v60 , French press dan lainnya.

Buat sombra people yang masih penasaran dengan rasa kopi Arabica Bajawa Flores dan untuk membuktikan keunikan dan ciri khas dari kopi Arabica Bajawa Flores bisa langsung order di laman media e-commerce sombra coffee

 sumber : Goodnews Indonesia & kopi bara